BERITA PIALA DUNIA 2010 AFRIKA SELATAN (Selasa, 18/5)

18/05/2010 at 12:31 pm (PIALA DUNIA 2010 AFSEL) (, , , )

Jerman Cari Kapten

MICHAEL Ballack positif tak bisa tampil di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Kapten timnas  Jerman berusia 33 ini mengalami cedera engkel kanan kala mengantar Chelsea juara FA Cup dengan mengalahkan Portsmouth di Stadion Wembley, London, Sabtu (15/5).

Yang menarik muncul kecurigaan adanya konspirasi untuk sengaja mencederai Ballack. Sebab, Ballack cedera akibat ditekel keras midfielder Portsmouth, Kevin-Prince Boateng, yang notabene anggota skuad timnas Ghana yang merupakan salah satu dari 3 rival Jerman di Grup D pada putaran final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Kepastian absennya Ballack diperoleh dari mulut dokter kepala timnas Jerman, Dr Hans-Wilhelm Müller-Wohlfahrt, Senin (17/5). Sontak, pelatih Die Mannschaft –julukan Jerman, Joachim Loew, wajib segera mencari kapten baru.

Sejauh ini ada tiga nama yang mencuat yakni Bastian Schweinsteiger, Miroslav Klose dan Lukas Podolski. Sesungguhnya ada 1 pemain lain yang lebih cocok menggantikan Ballack yaitu Torsten Frings, 33. Masalahnya, midfielder yang punya 70 cap bersama timnas Jerman ini acap bermasalah dengan Loew.

Loew memang butuh pemain dengan mental leadership seperti Ballack. Maklum, mayoritas skuad Die Mannschaft saat ini berusia belia bahkan 15 di antaranya punya cap di bawah 10. Sebut saja Holger Badstuber, Jérôme Boateng, Toni Kroos, Thomas Müller, Marko Marin dan Mesut Özil yang rata-rata berusia 21 ke bawah.

Sejak menggantikan Juergen Klinsmann yang mundur pasca membawa Jerman meraih peringkat 3 Piala Dunia 2006 Jerman, Loew memang kerap mendapat kritik keras. Prestasi jadi runner-up Euro 2008 Swiss/Austria tetap tak menolong.

Pada kualifikasi Piala Dunia lalu, Jerman keluar sebagai juara grup. Celakanya, Jerman ditakdirkan masuk Grup D yang dihuni para juara grup di masing-masing zona pada kualifikasi Piala Dunia lalu yakni Australia (Asia), Ghana (Afrika), dan Serbia (Eropa).

“Saya tak mengatakan kami beruntung bergabung di grup ini dari hasil undian. Jelas ini tak akan mudah, tapi juga tak mustahil kami mampu atasi. Serbia luar biasa sepanjang kualifikasi dan di sana ada beberapa pemain hebat. Kami juga akan waspada terhadap Australia. Ghana bakal sulit dihadapi karena mereka kuat secara fisik,” jelas Loew (theworldgame).

———————-

Kesempatan Terakhir Domenech

RAYMOND Domenech hanya punya waktu 31 hari atau selama perhelatan babak final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan (11 Juni-11 Juli) untuk menyelamatkan nama baiknya. Sumber kecaman adalah gara-gara Domenech kerap menentukan skuadnya berdasarkan pada astrologi alias ilmu perbintangan.

Bagaimana caranya mungkin hanya Domenech yang tahu. Yang pasti sejumlah taktik yang diterapkannya juga tak bisa diterima pada pendukung Les Bleus. Domenech yang menggantikan Jacques Santini yang resign setelah Euro 2004 cenderung memainkan pola bertahan meski faktanya Prancis punya banyak pemain berkarakter menyerang mumpuni: Franck Ribery, Yoann Gourcuff, Florent Malouda, dsb.

Pilihan taktik Domenech mungkin tak bisa disalahkan. Maklum, Domenech sendiri merupakan full back semasa masih aktif sebagai pemain. Apa pun, sejak ditanganinya, Les Bleus tak pernah meraih gelar. Pencapaian tertinggi hanya runner-up Piala Dunia 2006 Jerman karena dikalahkan Italia pada partai final.

Senin (17/5), Domenech sudah menetapkan 24 pemain calon skuad ke Afrika Selatan. Ada 2 nama pemain, striker Olympique Marseille Mathieu Valbuena dan defender Girondins Bordeaux Marck Planus, yang tak punya cap alias belum pernah masuk timnas sebelumnya.

Tapi, Domenech wajib mencoret 1 pemain lagi paling lambat pada 1 Juni nanti. Siapa yang tersingkir masih jadi rahasia Domenech. Yang pasti, andai Domenech gagal mengantar Les Bleus juara dunia tahun ini, posisinya bakal digantikan pelatih Bordeaux, Laurent Blanc,  yang beberapa waktu lalu menyatakan siap menerima pinangan FFF untuk menukangi timnas Prancis.

Les Bleus tergabung di Grup A bersama tuan rumah Afrika Selatan, Uruguay, dan Meksiko. Jika Prancis tetap bermain buruk seperti yang ditunjukkan pada kualifikasi Piala Dunia lalu (bahkan harus mengikuti playoff kontra Republik Irlandia sebelum lolos ke putaran final), kecil kemungkinan Thierry Henry cs bakal juara dunia.

————————

Sepakbola & Politik

SEPAKBOLA sekali lagi membuktikan bisa jadi jembatan demi menjalin kembali hubungan yang tak harmonis antar 2 negara yang berseteru secara politis. Ya, ini yang terjadi antara Afrika Selatan dan Nigeria jelang putaran final Piala Dunia 2010.

Presiden Afsel, Jacob Zuma, secara khusus mengundang Presiden baru Nigeria, Goodluck Jonathan, untuk hadir di pembukaan Piala Dunia pada 11 Juni. Undangan ini diungkapkan  Menteri Hubungan Internasional Afsel, Maite Nkoana-Mashabane, yang bertemu langsung dengan Jonathan di Abuja, Nigeria, Senin (17/5).

Dalam kesempatan itu, Maite juga menyampaikan rasa belasungkawa Zuma atas wafatnya Presiden Nigeria sebelumnya, Umaru Yar’Adua, akibat stroke pada awal Mei lalu.

Maite menegaskan secara politis Zuma ingin mempererat hubungan bilateral antara Afsel dengan Nigeria. Sebagai negara terbesar di Pantai Afrika Barat, Nigeria jelas sangat strategis bagi Afsel ditinjau dari sisi ekonomi.

Sedangkan, dalam kaitannya dengan Piala Dunia, Zuma berharap trofi Piala Dunia akan direbut salah satu dari 6 konstestan Afrika (Afsel, Nigeria, Kamerun, Aljazair, Ghana, dan Pantai Gading).

Dari berbagai sumber

Iklan

1 Komentar

  1. ardiantoarsadi said,

    Ksihan bgt si Ballack,,., padahal itu laga terakhir…SIAL!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: